28 April 2021 13:26 WIB

Blind Spot Warning Bantu Ketahui Objek Tak Terlihat

Pernahkah Hyundai Lovers hampir menabrak mobil lain di lajur lain misalnya ketika di tol karena mobil lain tersebut tidak terlihat di spion?

Fenomena ini disebabkan karena adanya blind spot atau titik buta,hal ini karena spion tidak bisa melihat keseluruhan sudut pandang mobil.

Untuk mencegah masalah ini, maka Hyundai menyematkan sebuah fitur di Hyundai Santa Fe yaitu Blind Spot Warning.

Blind Spot Warning mengambil data dari sebuah sensor yang diletakkan di belakang mobil. Sensor ini akan membaca jika ada mobil atau objek lain di bagian titik buta mobil. Ketika sensor merasakan ada objek di bagian itu, maka sebuah indikator tanda seru akan muncul di spion, memperingatkan pengemudi ketika hendak berganti jalur.

Peletakkan indikator di spion dipilih karena hal natural yang diambil pengemudi handal adalah melihat spion sebelum berpindah lajur. Sehingga, ketika ingin berpindah jalur dan indikator tersebut menyala, maka akan terlihat dengan mudah. Warnanya pun oranye mencolok yang mudah dilihat.

Berdasarkan penelitian Insurance Institute for Highway Safety atau IIHS, sistem ini berhasil mengurangi angka kecelakaan hingga 21% yang merupakan angka yang cukup signifikan.

Sebuah kemajuan engineering Hyundai yang menyumbang keselamatan berkendara!

 

Share