04 February 2021 04:37 WIB

Hyundai Grand Santa Fe: Powerful, Irit BBM, Suspensi Nyaman Dan Stabil

Kami mengenal Timmy Nugroho akan 2 hal, yaitu penggemar kecepatan dan kolektor mobil eksotik. Baginya, "Kecepatan, lebih tepatnya akselerasi, bukan hanya sekedar top speed. Kemampuan akselerasi adalah wajah asli yang menggambarkan sebuah mobil. Value sebuah mobil buat saya ya dihitung dari poin ini. Speed first, anythings else follow," ucap warga Jaka Sampurna, Bekasi. 

"DNA saya memang demen kenceng. Enggak hanya mobil. Ya di olahraga, ya di kerjaan.  Dulu waktu jadi karyawan, kejar karir enggak pernah mau in average speed. Pokoknya, full throttle in any chances. Khusus di mobil, being fastest makes you fell most blessed person," aku Timmy. Pokoknya, jangan lupa full konsentrasi dan fokus dengan jalan/track. Berusaha untuk menyatu dengan mobil, mind and soul.

Namun dari sejumlah koleksi mobilnya, Timmy nampak sudah menjadi loyalis Hyundai untuk kategori SUV. Pengalaman yang baik dari menggunakan Santa Fe model sebelumnya dan tertarik dengan bentuk dan model dari Santa Fe yang terbaru. 

Baginya, Hyundai Santa Fe terdahulu, "Mempunyai mesin yang durable, sangat irit bahan bakar dengan bantingan suspensi yang sangat nyaman." Sedangkan successornya, Hyundai Grand Santa Fe 2020 (hyundaimobil.co.id/vehicle/santafe), dinilai lebih SUV desainnya, ketimbang model sebelumnya yang cenderung rounded. "Kap mesin yang lebih rendah dan rata bikin pandangan lebih luas ke jalan. Kabin yang lebih lega juga bikin ini jadi pilihan," sebut wiraswastawan segala lini ini. 

Hyundai Grand Santa Fe 2020 yang dimilikinya adalah varian 2.2 CRDi-e-VGT dengan 193 PS dan torsi 45 Kg.m. "Mesin sangat powerful, irit bahan bakar dan transmisi yang lebih halus dan lebih cepat dari model sebelumnya dan penambahan gear dari 6 menjadi 8," kata Timmy. Bahkan belum sempat ditanya tentang performa, Timmy duluan berkata, "Mobil ini kenceng bener, pernah berkali-kali dapet di 220 kph." 

Dari sini, menjadi kelihatan benang merahnya. Antara mesin, performa, akselerasi dan DNA yang dimiliki Timmy. Hyundai Grand Santa Fe menjawab semua itu.

Namun kemampuan dapur pacu ini juga disupport penuh oleh suspensi dan rem yang mumpuni. Suspensi depan tipe McPherson strut yang canggih dan peredam kinerja tinggi (High Performance Damper, HPD), dan suspensi belakang multi-link seperti yang dipakai pada kendaraan mewah dan sporty yang pengendaraan nyaman dan stabil stabilitas maksimal. Sementara remnya, sebagai fitur keselamatan, kualitasnya semakin diutamakan dengan cakram depan 17 inci dan cakram belakang 16 inci, plus penguat rem tunggal (single brake booster) 11 inci yang andal pada stop-and-go traffic. Bagi Timmy, "Suspensinya lebih nyaman namun tetap stabil di kecepatan tinggi, apalagi sekarang dilengkapi stability control yang membuat lebih nyaman dan aman di perjalanan."

Jadi jangan heran, Timmy percaya diri, baik di dalam kota maupun hingga jadi andalan pergi ke pelosok. Timmy punya aktifitas rutin setiap 2 minggu untuk kunjungan ke Padepokan Domba Presiden, tempat pengembangbiakan domba tangkas dan penggemukan domba pedaging miliknya, yang terletak di desa Nyalindung, Cisewu, Garut Selatan. 

"Tempatnya jauh di pelosok dengan kondisi jalan yang tidak rata, sering terjadi longsor dengan kontur tanah mendaki dan menurun yang cukup ekstrem. Hyundai Santa Fe menjadi andalan saya. Tenaga mobil yang besar, ground clearance yang tinggi membuat saya cukup mudah melewati jalanan di sana," ujar Timmy yang kini sudah punya 700 ekor domba.

Ia tak perlu bosan selama Bekasi-Garut pulang pergi. Selain memiliki kabin yang kedap dari suara luar, Hyundai Santa Fe juga mempunyai sistem entertainment yang bagus dan tidak ada lag saat dioperasikan. Selain itu, jok kulit yang disediakan sangat nyaman dengan pengoperasian secara elektrik baik di sisi jok pengemudi dan jok penumpang depan. Tambahannya, "Bagasi yang sangat luas dan kursi ketiga yang cukup luas buat ditempati bahkan untuk orang dewasa."

Sang anak, Fadhlan Avatar Nugroho, ternyata 11-12 dengan ayahnya. Ia pun menyukai Hyundai Grand Santa Fe. Tanggapan Fadhlan soal mobil ini adalah, "Santa Fe ini nyaman, lincah dan kencang." Lewat ide Fadhlan, Santa Fe kini memakai velg dan ban berukuran 20 inci. Hanya naik 1 inci dari lingkar roda aslinya. Sehingga masih berada dalam spesifikasi aman untuk dikendarai.  

 

Share