PROFILE

SEJARAH SINGKAT

After Sales Hyundai adalah salah satu direktorat yang mengurusi purna jual merek Hyundai dibentuk dan beroperasi sejak tahun 1995 bersamaan dengan pertama kali PT Hyundai Mobil Indonesia (saat itu bernama PT Citra Mobil Nasional) selaku ‘Sole Distributor’ memasarkan kendaraan merek Hyundai di Indonesia. Keberadaan direktorat After Sales tentu menjadi bagian dari komitmen dan tanggung jawab perusahaan untuk pelayanan purna jual kendaraan Hyundai yang dipasarkan ke konsumen. After Sales Hyundai terbagi ke dalam tiga divisi pekerjaan:

1. Layanan Teknis, Warranty & RSA (Roadside Assistance), Manpower Training
2. Penyediaan & Distribusi Suku Cadang Nasional
3. Marketing Parts & Service, Promo dan Service Event

Layanan purna jual dimaksud dalam hal ini adalah personil yang beraktivitas di kantor pusat untuk memberikan asistensi/dukungan ke jaringan resmi Hyundai sehingga pelayanan jaringan ke konsumen atau pemakai tidak ada kendala. Base office After Sales berada di lingkungan Factory (perakitan) Hyundai yang beralamat di bawah ini :  

 

PT HYUNDAI MOBIL INDONESIA

Jl. Wahab Affan KM 28 Pondok Ungu, Bekasi 17131, Jawa Barat, Indonesia

þ Marketing Parts & Service, Layanan Teknis dan Training Center

   Telp. +62-21-8854220 (Hunting)

   Fax.  +62-21-8854204

þ Penyediaan dan Distribusi Suku Cadang

   Telp. +62-21-88860979 (Hunting)

   Fax.  +62-21-8854205

þ Customer Relationship Management (CRM)

Jl. Sultan Iskandar Muda No. 81, Arteri Pondok Indah Jakarta Selatan

   Telp. +62-21-72897000 (Hunting)

       

  • Manpower

Hingga tahun 2012 jumlah keseluruhan manpower yang mendedikasikan dirinya untuk layanan purna jual Hyundai sebanyak 120 orang (back office dan petugas emergency 24H)

  • Produk Jual dan Layanan After Sales

Cakupan produk yang saat ini ditangani oleh direktorat after sales secara umum terbagai dua yaitu produk jual dan produk layanan.

 Produk jual,  meliputi Genuine Parts, Genuine Accessories, Genuine Material dan Brand collection serta Jasa perbaikan melalui bengkel dengan total capaian revenue dikisaran Rp90miliar/tahun.

 

Produk Layanan, dikembangkan produk layanan untuk kenyamanan konsumen setia Hyundai yang meliputi kesiapan Emergency Service (24HRSA), On Time OR Free program, Booking Service, Home to Home Service. Demikian juga secara berkala dikembangkan program dan event after sales berskala nasional untuk mengapresiasi konsumen setia Hyundai.

  • Jaringan After Sales Hyundai

Untuk kemudahan pelayanan perbaikan dan perawatan serta kemudahan memperoleh suku cadang asli Hyundai, maka sejalan dengan pertumbuhan jumlah kendaraan Hyundai serta program pengembangan jaringan HMI, maka Direktorat After Sales bersama Network Development turut terlibat dalam mengembangkan jumlah jaringan after sales dan hingga saat ini (per Desember 2015) sudah berjumlah 172 yang terdiri dari Dealer 3S baik Cabang maupun Independent Dealer, Parts Dealer yang memang khusus menyalurkan hanya spare parts asli, Authorized Workshop, Service Point untuk back up customer di wilayah Kabupaten dan Kecamatan serta toko-toko resmi Suku Cadang di banyak sentra otomotif.

    Jabodetabek Non Jabodetabek Total
Total 1S V

2

2 4
Total 2S SP 5 8 13
Total 3S VSP 8 24 32
Part Dealer PD 2 3 5
Service Point SvP 0 48 48
Part Shop APS 88 100  188
    155 185 290

    Training CenterTraining center berlokasi sama dengan factory Hyundai di Bekasi dengan kapasitas dan teknologi training yang up to date mampu melakukan kelas training untuk 50 orang dalam satu batch training dan produktifitas 2000 m/days/tahun.

    Pembinaan SDM Hyundai meliputi front line Teknisi, Service Advisor dan Part Man yang secara rutin dikompetisikan setiap 2 tahun dalam ajang Skill Competition (soft dan hard skill) dengan output tenaga master yang mumpuni untuk mengoperasikan bengkel resmi Hyundai.

     

    • 24H Roadside Assistance

    Program bantuan (asistensi & konsultasi) darurat ke konsumen yang mengalami masalah di jalan selain pelaksanaannya oleh front line jaringan resmi Hyundai, diemban juga secara langsung oleh After Sales Hyundai melalui Divisi Technical khusus untuk wilayah JABODETABEK. Untuk mendapatkan layanan ini konsumen dapat menghubungi Hotline Hyundai di nomor 021-7289 7000 atau 08000 182 1407 atau SMS ke nomor 0812 97000 019, petugas 24HRSA akan mengunjungi konsumen dengan armada service car dan jika diperlukan menggunakan towing truck.

     

     

    • Gudang Suku Cadang

    Gudang spare part Hyundai berdiri diatas lahan seluar 6,588m2 dengan total bangunan termasuk kantor seluas 5,070m2. Space untuk penyimpanan sendiri secara total 4,830m2 yang terdiri dari lokasi utama, lokasi reserve, and checking & transfer serta lokasi penerimaan.

    Dengan volume bisnis saat ini, performance operasional gudang suku cadang berhasil diraih:

    1. Tingkat productivity penerimaan 2,5 menit/item
    2. Tingkat productivity picking 1 menit/item

     

     

    Space gudang tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan perluasan seiring dengan peningkatan volume bisnis yang terus diupayakan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia.
    berita teknologi